Saturday, 13 Jul 2024

Setidaknya 60.000 orang mengungsi dari Kota Gaza

RisalahPos
29 Jun 2024 14:45
1 minutes reading

GAZA, (Foto)

Mitra melaporkan pengungsian baru dari wilayah timur Kota Gaza, ungkap Kantor Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA) pada hari Jumat.

Kemarin, militer Israel memerintahkan warga yang tinggal di 28 blok permukiman di wilayah timur Kota Gaza untuk segera mengungsi. Mitra kemanusiaan memperkirakan sedikitnya 60.000 orang mengungsi dari wilayah seluas tujuh kilometer persegi ini, kata badan PBB tersebut.

Kemarin juga, operasi militer di daerah al-Mawasi mengakibatkan besar korban berdatangan ke rumah sakit terdekat dan menyebabkan sedikitnya 5.000 orang mengungsi, menurut mitra kami di lapangan.

Sementara itu, kendala akses – dengan ketidakamanan dan yang terus berlangsung – terus secara signifikan menghambat pengiriman bantuan dan layanan kemanusiaan penting di seluruh Gaza.

Hal ini mencakup bantuan pangan dan gizi penting, perawatan medis, tempat tinggal, dan layanan air, sanitasi, dan kebersihan bagi ratusan ribu orang yang membutuhkan.

OCHA melaporkan bahwa hingga kemarin, otoritas Israel telah memfasilitasi kurang dari setengah dari lebih dari 100 misi bantuan kemanusiaan yang direncanakan, yang dikoordinasikan untuk mencapai Gaza utara bulan ini. Sisanya terhalang, ditolak aksesnya, atau dibatalkan karena alasan logistik, operasional, atau .



RisalahPos.com Network