Saturday, 13 Jul 2024

Buah Super Baru? Ilmuwan Temukan Trik Sederhana Membuat Jeruk Darah Lebih Sehat

RisalahPos
27 Jun 2024 21:45
3 minutes reading

Jeruk darah, yang kaya akan antioksidan dan fitokimia lain yang meningkatkan kesehatan, dapat manfaat yang bagi konsumen dan petani jika disimpan pada suhu dingin, menurut sebuah penelitian baru di University of Florida. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menilai kelayakannya sebagai tanaman komersial di Florida, meskipun potensi harga pasar yang lebih tinggi dan peningkatan kualitas melalui kondisi penyimpanan tertentu. Kredit: Ali Sarkhosh, UF/IFAS

A Universitas Florida Studi menunjukkan bahwa menyimpan jeruk darah pada suhu dingin meningkatkan manfaat kesehatan dan nilai pasarnya, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan kelayakan komersialnya di Florida.

Sebuah studi baru dari Universitas Florida mengungkapkan bahwa menyimpan jeruk pada suhu dingin dapat meningkatkan sifat antioksidan dan manfaat kesehatan lainnya, menawarkan keuntungan potensial bagi konsumen dan petani jeruk.

Namun, masih terlalu dini untuk menentukan apakah apa yang disebut “jeruk darah” ini tambahan yang layak untuk industri jeruk Florida, menurut Ali Sarkhosh, profesor ilmu hortikultura UF/IFAS.

“Meskipun jeruk darah biasanya memiliki harga yang lebih tinggi daripada varietas umum lainnya, seperti jeruk pusar atau jeruk Valencia, tidak jelas apakah petani dapat meningkatkan pendapatan per hektar secara substansial dengan menambahkannya ke dalam pilihan tanaman mereka dan kemudian menyimpannya untuk pengembangan warna internal,” kata Habibi, penulis utama studi tersebut. “Peningkatan kualitas buah dari metode penyimpanan menghadirkan peluang yang menjanjikan bagi industri jeruk Florida. Namun, studi lebih lanjut diperlukan sebelum merekomendasikan apa pun kepada petani.”

Buah ini kaya akan antosianin, yang telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Buah ini juga mengandung fitokimia bermanfaat lainnya seperti vitamin C, flavonoid, dan serat makanan.

Laboratorium Jeruk Darah

Rekan pascadoktoral UF/IFAS Fariborz Habibi mempelajari jeruk darah di laboratorium. Kredit: Ali Sarkhosh, UF/IFAS

Kondisi Penyimpanan dan Kualitas Buah

“Buah juga dapat mengembangkan warna internal dalam kondisi yang sama di rumah. Namun, buah di seharusnya memiliki warna internal yang bagus dan siap untuk dikonsumsi,” kata Sarkhosh.

Untuk penelitian ini, para ilmuwan memanen buah dari lahan penelitian di Pusat Penelitian dan Pendidikan UF/IFAS North Florida di Quincy.

Para ilmuwan menemukan bahwa menyimpan jeruk darah pada suhu 40 hingga 53 derajat meningkatkan antosianin, kandungan fenolik, dan antioksidan. Ketika mereka suhu 43 menjadi 46 derajat, mereka juga menjaga kekencangan buah, penurunan berat badan, dan kandungan gula.

“Atribut seperti kekencangan sangat penting untuk menjaga kualitas, tekstur, dan rasa blood orange secara keseluruhan selama penyimpanan,” kata Habibi.

Jeruk darah mendapatkan namanya dari dagingnya yang merah tua. Kulit mereka mengandung sejenis pigmen antioksidan. Buah ini umumnya ditanam di negara-negara seperti Italia dan Spanyol, yang memiliki iklim Mediterania – dingin, tetapi di atas 32 derajat – yang membantu mereka tumbuh. Di Amerika Serikat, jeruk darah tumbuh terutama di California, namun belum ditanam secara komersial di Florida.

Antosianin berkembang ketika buah terkena suhu dingin antara 46 dan 59 derajat selama setidaknya 20 hari. Kondisi seperti ini jarang terjadi di iklim subtropis Florida.

Referensi: “Strategi suhu penyimpanan pascapanen mempengaruhi kadar antosianin, kandungan total fenolik, aktivitas antioksidan, sifat kimia sari buah, dan kualitas fisik buah jeruk darah” oleh Fariborz Habibi, Muhammad A. Shahid, Robert Logan Spicer, Cătălin Voiniciuc, Jeongim Kim, Frederick G.Gmitter Jr., Jeffrey K. Brecht dan Ali Sarkhosh, 8 Mei 2024, Kemajuan Kimia Pangan.
DOI: 10.1016/j.focha.2024.100722



RisalahPos.com Network