Sunday, 21 Jul 2024

Sony Bravia 9 Mini-LED: Tampilan Pertama

RisalahPos
17 Apr 2024 23:03
6 minutes reading

TV terbaru Sony mendapatkan pembaruan dengan cara yang diharapkan dan paling tidak diharapkan. milik Sony televisi dengan mudah adalah salah satu yang terbaik yang pernah kita lihattetapi dibandingkan dengan pesaing seperti Samsung, pembaruan layar terbarunya terasa lebih signifikan dibandingkan penyegaran rata-rata. Ada juga banyak pembicaraan tentang driver baru yang seharusnya memberi Anda akurasi warna terbaik, tetapi Sony juga hadir dengan perubahan nama. Hilang sudah konvensi penamaan huruf dan angka berseri. Semua hiburan rumah Sony disatukan dengan nama “Bravia”. Lebih dari itu, TV andalan Sony yang besar dan mahal tahun ini penyegaran QD-OLED; itu adalah layar mini-LED.

Kami sudah terbiasa dengan pemasok televisi terbesar yang mendorong OLED sebagai TV terbaik. Dioda pemancar cahaya organik seringkali merupakan yang terbesar dan terburuk dari setiap paket rilis baru, dan pengulas teknologi berasumsi bahwa mereka memiliki kontras warna tertinggi. Sony tidak akan tinggal diam di jalan yang sudah usang. Bahkan tidak mengambil jalur yang jarang digunakan. Ini membuat jalurnya seperti pendakian yang menyimpang, membawa truk monster melewati hutan yang terpetakan dengan baik. Bravia 9 mini-LED terbaik ingin memikat Anda dengan klaim menampilkan gambar film paling akurat dari semua TV yang ada di pasaran.

Begitu juga? Sepertinya Sony juga berpendapat . Gizmodo ikut serta dalam tur mahal melalui jajaran TV Bravia dan soundbar barunya, di mana kami tidak hanya melihat TV dan melihat sekilas ke dalamnya untuk mengetahui mengapa Sony tiba-tiba begitu bangga dengan teknologi mini-LED-nya. Mendengar mereka memberi tahu saya bahwa ini semua tentang kecerahan dan akurasi warna.

Apakah Driver TV Baru Sony untuk Akurasi Warna?

Foto: Kyle Barr / Gizmodo

Sony mengeluarkan HX3110 kelas studio profesionalnya, jenis monitor yang dijual seharga 10-an ribu dolar dan digunakan oleh para profesional film untuk mendapatkan rendisi piksel paling akurat pada gambar mereka. Mesin tersebut mampu memberikan kecerahan hingga 4.000 nits. Bisakah Bravia 9 menghasilkan 4.000 atau 10.000 nits pada monitor kelas atas? Tidak, dan bahkan tidak mendekati yang terakhir, tetapi Sony mengatakan layar mini-LED dapat meniru pengaturan kecerahan tersebut. Perusahaan mengklaim Bravia 9-nya 50% lebih terang dibandingkan mini-LED X95L kelas atas sebelumnya. Ini juga seharusnya memiliki zona peredupan tiga kali lebih banyak dibandingkan model sebelumnya, dan perusahaan membuka TV terbarunya untuk caranya.

Semua zona berbeda tersebut adalah pendorong yang membuat gambar acara TV akurat. Sony membandingkan Bravia 9 dengan Samsung QN90C tahun lalu, QLED 4K. Semua driver tersebut seharusnya menghasilkan akurasi warna dan kecerahan yang lebih baik, meskipun secara langsung perbedaan saturasi warna menjadi lebih besar. Samsung OLED menerapkan warna yang lebih dalam daripada mini-LED Sony, meskipun mata elang mungkin dapat melihat gradien warna solid dari Bravia 9. Sebagian dari performa warna pada TV baru Sony juga disebabkan oleh chip XR yang diperkenalkan tahun lalu. . Apakah adil membandingkan MSRP TV seharga $2.800 tahun lalu dari Samsung dengan produk andalan Sony, yang dimulai dari $3.300? Mungkin tidak, tapi paling tidak, dalam demo kami, Bravia 9 dapat menghasilkan performa warna yang mengesankan, dan sedikit distorsi pada sudut pandang yang berbeda, yang sering kali menjadi masalah dengan mini-LED.

Demo driver mini-LED baru Sony membandingkan Samsung QN90C, kiri, dan Bravia 9, kanan.
GIF: Kyle Barr / Gizmodo

Tapi itu tidak berarti meninggalkan semua Bravia lainnya. Bravia 7 adalah TV mini-LED yang lebih terjangkau, dan Sony mengatakan TV ini harus 30% lebih terang dibandingkan LED X90L sebelumnya yang seharusnya digantikan oleh 7. Bravia 8 adalah OLED dari lini baru dan dapat dibandingkan dengan A80L dari tahun lalu, meskipun dengan sedikit peningkatan kecerahan. Semuanya mendukung Dolby Vision untuk HDR. Mereka juga dilengkapi dengan Sony Pictures Core Calibrated Mode (berganti nama dari Bravia Core, karena alasan tertentu), Netflix Calibrated Mode bersama dengan mode Prime Video Calibrated baru, yang seharusnya menawarkan gambar yang lebih baik khusus untuk menonton Prime Video, selama Anda bisa abaikan semua iklan baru. Seperti biasa, audionya bersertifikat IMAX dan DTS.

Kami tidak melakukan pengujian kecerahan pada TV baru mana pun, jadi kami perlu meluangkan waktu untuk melakukan pengujian. Apakah mini-LED cocok untuk Anda atau Anda masih lebih menyukai warna hitam pekat dari OLED tetap menjadi pertanyaan yang perlu ditanyakan oleh setiap pembeli, tetapi bagaimanapun juga, Sony masih mempertahankan A95L OLED tahun lalu sebagai pilihan yang solid, bahkan setara dengan ini. andalan tahun ini.

Skema Penamaan Bravia Sangat Masuk Akal, Namun Masih Membingungkan

Dari kiri, Bravia 8, Bravia 9, Bravia 7, dan Bravia 3. Mengapa tidak mengurutkannya dari yang tertinggi hingga terendah? Siapa tahu.
GIF: Kyle Barr / Gizmodo

Skema penamaan Bravia yang baru adalah rencana Sony untuk membuat belanja TV lebih mudah bagi masyarakat awam. Orang-orang yang terobsesi dengan TV sudah lama terbiasa dengan nama produk berseri yang hanya masuk akal jika Anda mengetahuinya. Model tahun lalu termasuk mini-LED X95L dan X93L, sedangkan A80L OLED biasa dan A95L QD-OLED berada di urutan teratas. Jika Anda belum mengetahuinya, huruf “X” pada namanya berarti LED, sedangkan “A” berarti model OLED.

Dan dengan demikian, A95L masih banyak beredar. Memang benar, Sony telah berulang kali memberi tahu kami bahwa mereka tidak melihat Bravia 9 menggantikan produk andalan QD-OLED tahun lalu; sebaliknya, ia duduk di sampingnya. Jadi dalam jajaran TV perdana baru hari ini, Anda memiliki Bravia 3 LED seharga $600 pada 43 inci, Bravia 7 min-LED seharga $1,900 pada 55 inci, Bravia 8 OLED seharga $2,000 pada 55 inci, dan perdana $3,300 65 inci Bravia 9. Tapi tunggu, tempelkan A95L di atas juga, dan tiba-tiba Sony mengatakan pilihan TV terbaiknya di tahun 2024 adalah antara Bravia 9 dan QD-OLED yang lebih lama.

Jadi apa yang terjadi tahun depan jika TV besar berikutnya adalah OLED? Pimpinan Sony memberi tahu kami bahwa mereka masih menyelesaikan masalah dan pada akhirnya akan menyempurnakan rebranding mereka. Itu cukup adil, dan sejujurnya, saya setuju dengan keputusan mereka untuk meninggalkan konvensi penamaan yang lama. Menyisipkan banyak angka di depan nama merek apa pun tidak membantu siapa pun membuat keputusan pembelian yang lebih baik. Saya bahkan berpendapat bahwa serangkaian angka di TV dan monitor mengaburkan apa yang sebenarnya dibeli orang padahal yang mereka hanyalah televisi yang berada dalam kisaran harga mereka.

Namun saya tidak yakin nama-nama baru ini akan mampu bertahan di pasar TV yang begitu jenuh. Untuk saat ini, ini adalah periode , dan saya membayangkan kita semua harus melakukan penyesuaian lagi hanya dalam satu tahun.

RisalahPos.com Network