Sunday, 21 Jul 2024

Parlemen Swedia memberikan suara untuk mempermudah orang mengubah gender mereka secara legal

RisalahPos
17 Apr 2024 21:28
2 minutes reading

Parlemen Swedia pada hari Rabu mengesahkan undang-undang yang menurunkan persyaratan usia bagi seseorang untuk mengubah jenis kelaminnya secara legal dari 18 menjadi 16 tahun.

Remaja di bawah 18 tahun masih persetujuan dari wali, dokter, dan Dewan Kesehatan dan Kesejahteraan .

Namun, diagnosis disforia gender – yang didefinisikan oleh para profesional medis sebagai tekanan yang dialami oleh mereka yang ekspresi gendernya tidak sesuai dengan identitas gendernya – tidak lagi diperlukan.

Hasil pemungutan suara adalah 234 setuju dan 94 menentang, dan 21 suara dinyatakan tidak hadir.

Koalisi kanan-tengah yang dipimpin oleh perdana menteri konservatif Swedia, Ulf Kristersson, dalam masalah ini, dengan kelompok moderat dan liberal undang-undang tersebut, sementara kelompok kecil Kristen Demokrat menentangnya. Partai populis dengan akar sayap kanan Demokrat Swedia, yang mendukung di parlemen tetapi bukan bagian dari pemerintah, juga menentang hal tersebut.

Antara lain Denmark, Norwegia, Finlandia dan Spanyol sudah memiliki undang-undang serupa. Di Inggris, parlemen pada tahun 2022 mengesahkan RUU, mengizinkan orang berusia 16 tahun ke atas untuk mengubah sebutan gender pada dokumen identitas melalui pernyataan mandiri. Keputusan tersebut diveto oleh pemerintah Inggris, sebuah keputusan pengadilan sipil tertinggi di Skotlandia ditegakkan pada bulan Desember.



RisalahPos.com Network