Saturday, 13 Jul 2024

Lunar Reconnaissance Orbiter NASA Menangkap Bayangan Gerhana Matahari 2024 Dari Jarak 223.000 Mil

RisalahPos
17 Apr 2024 16:56
2 minutes reading

Gambar spektakuler yang menunjukkan bayangan Bulan di Bumi ini diperoleh selama periode 20 detik mulai pukul 14:59 EDT (18:59:19 UTC) pada tanggal 8 April 2024, oleh Lunar Orbiter NASA. Ketika LRO memperoleh gambar ini, bayangan Bulan berpusat di dekat Cape Girardeau, . Kredit: NASA/Goddard/Universitas Negeri Arizona

NASALunar Reconnaissance Orbiter menangkap gambar Bumi yang menakjubkan selama gerhana matahari tanggal 8 April dari posisinya 223.000 mil jauhnya, menunjukkan kemampuan pencitraan canggih dari rangkaian kameranya.

Saat Bulan menutupi Matahari bagi pemirsa di seluruh Amerika Serikat selama gerhana matahari tanggal 8 April, Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) milik NASA menangkap gambar dari jarak sekitar 223.000 mil dari peristiwa langit yang sangat dinantikan tersebut.

Ada tiga kamera yang termasuk dalam rangkaian kamera LRO (LROC): dua Kamera Sudut Sempit (NAC) dan satu Kamera Sudut Lebar. Gambar bumi dengan bayangan di diperoleh oleh salah satu dari dua Kamera Sudut Sempit.

Bayangan Bulan LRO di Bumi Beranotasi

Saat LROC memperoleh gambar ini pada 8 April 2024, bayangan Bulan berpusat di dekat Cape Girardeau, Missouri. Kredit: NASA/GSFC/Universitas Negeri Arizona

Kamera Sudut Sempit LROC adalah kamera pemindai garis: kamera ini hanya satu baris piksel, dan gambar dibuat baris demi baris berdasarkan gerakan pesawat ruang angkasa saat mengorbit Bulan.

Untuk memperoleh gambar Bumi, pesawat ruang angkasa harus berputar cepat untuk gambar.

Lunar Reconnaissance Orbiter dikelola oleh Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, , untuk Direktorat Misi Sains di Markas Besar NASA di Washington. Diluncurkan pada tanggal 18 Juni 2009, LRO telah mengumpulkan harta karun berupa data dengan tujuh instrumen canggihnya, sehingga memberikan kontribusi yang sangat berharga bagi pengetahuan kita tentang Bulan. NASA kembali ke Bulan bersama mitra komersial dan internasional untuk kehadiran manusia di luar angkasa dan menghadirkan kembali pengetahuan dan peluang baru.



RisalahPos.com Network